Posted by : wirausaha muda Wednesday, 15 May 2013

Cara Membangun Usaha Lapangan Futsal


Saat ini kebutuhan akan tersedianya lapangan futsal semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang ingin berolahraga. Tetapi pada saat ini untuk menemukan lapangan untuk bermain sepak bola itu sudah semakin sulit, dikarenakan lahan untuk lapangan sudah tidak banyak lagi. Oleh sebab itu, kebanyakan orang saat ini memilih untuk beralih ke olahraga Futsal, karena jenis olah raganya yang sama tetapi yang membuat berbeda hanya ukuran lapangannya saja, karena lapangan futsal lebih kecil dari pada lapangan sepakbola.

 Karena saat ini di indonesia olahraga futsal sedang banyak diminati oleh kebanyakan mesyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa ingin bermain futsal, maka kebutuhan akan lapangan futsalpun semakin meningkat pesat. Peluang untuk mendirikan lapangan futsal pun semakin terbuka dengan keuntungan yang besar. Modal bisnis ini memang cukup besar. Tetapi dengan biaya operasional yang kecil, maka laba yan gdihasilkan juga tinggi. Karena lapangan futsal hanya membutuhkan lahan untuk tempat bermain sebesar panjang 25 - 42 meter X lebar 15 - 25 meter.


Berikut ini adalah cara membangun lapangan futsal :

Tentukan luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal, sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat. Contoh ukuran satu Lapangan Futsal :
  • Ukuran Umum : Panjang : 25 m - 45 m, Lebar : 15m - 25 m
  • Ukuran Internasional : Panjang : 38 m - 42 m, Lebar 18 m - 22 m
Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal. Contoh anggaran dalam membuat lapangan futsal ukuran 25 m X 15 m :

Lapangan :
  1. Rumput Sintesis = Rp. 150.000.000
  2. Vyneels = Rp. 170.000.000
  • Bola Futsal : 2pcs @ Rp.150.000 = Rp.300.000
  • Rompi : 24pcs @Rp.20.000 = Rp.480.000
  • Tiang untuk Lighting : 6pcs@Rp.450.000=Rp2.700.000
  • Linghting : 12pcs@Rp900.000 = 10.800.000
Total pembuatan lapangan Futsal Rumput Sintesis =
Rp.150.000.000 + Rp.300.000+Rp.480.000+Rp2.700.000+Rp.10.8000.000 = Rp164.280.000

Total pembuatan Lapangan Futsal Vyneels =
Rp.170.000.000 + Rp.300.000 + Rp.480.000 + Rp.10.800.000 + Rp.2.700.000 = Rp.184.280.000

Keterangan :
  1. Biaya pembuatan lapangan futsal sudah termasuk biaya rumput, gawang, jaring gawang dan jaring pengaman keliling lapangan.
  2. Lighting memakai daya 350 watt, sudah termasuk kabel.
  3. Tiang Lighting berukuran tebal 1.25 inch dengan tinggi 4 meter.
Berikut yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan lapangan futsal :
  • Lokasi dan bangunan
  • Bahan lapangan : Lantai semen paling murah, ubin, parkit kayu, rumput alami/sintesis.
  • Gawang, bola.
  • Jaring : Yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan.
  • Kawat baja : yang digunakan sebagai tiang pada jaring.
  • Cat putih : digunakan untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkaran lapangan.
  • Spon / busa : Digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk menghindari benturan pemain.
  • Tempat menunggu.
  • Tempat parkir yang cukup luas.
  • Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya.
  • Fasilitas hiburan seperti tv.
 Tentukan harga penyewaannya biasanya dihitung berdasarkan perjam. Sesuaikan standarnya untul lapangan futsal rumput sintesis, biasanya sekitar Rp.80.000 - Rp.150.000 keatas.

Terimakasih Semoga bermanfaat.


Kini Mencari Penghasilan tambahan dari HP Android Sudah Bisa  Silahkan Baca Cara Mudah Mendapatkan Dollar Lewat HP Android Dengan Aplikasi WHAFF

{ 20 komentar... read them below or Comment }

  1. gan,, nanya dunk buat yang Vyneels 170 ntu ukuran brp meter gan?

    ReplyDelete
  2. gan daerah tuch pengaruh g buat bisnis lapangan futsalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup berpengaruh gan, cari lokasi yg mudah d jangkau & usahakan dekat dengan perkotaan.

      Delete
  3. Saya minat banget nih, rencana tahun 2014 punya lapangan futsal sendiri,, namun tempat masih jauh dari perkotaan gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, Saya doakan Semoga bisa Terwujud gan,
      Misal terpaksa gk bisa di daerah perkotaan, diutamakan media promosi dan yang paling penting, Mempunyai Ciri khas tersendiri dari lapangan futsal yang lainnya, misal Fasilitas baik dg biaya murah.

      Delete
    2. brapa harga konstruksinya?

      Delete
  4. saya jg tertarik nich mau bikin usaha lap futsal indoor. kira2 berapa biaya untuk bangunan gedungnya kalau saya mau bikin 4 lapangan ukuran 25 x 15 m? dan bahan2 yg diperlukan. trims

    ReplyDelete
  5. saya bingung modalnya aja gan, gimana ya.. saya masih 18 tahun ga tau apa2.. tapi punya mimpi besar :)

    ReplyDelete
  6. kalau dibuat di merauke papua kira2 seharga brp 1 lapangan futsal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga di papua sama saja hanya ekspedisi dan transport pkerja di tanggung owner

      Delete
  7. Gratiss nih gan :
    buat kawan2 yang mau buka bisnis pasti rugi kalo belum baca bukunya nih . Jgn dulu Buka Bisnis Kawan Sblum Baca Buku ini : kunjungi linknya : http://yuk.bi/t835a . Segera miliki bukunya kawan:)

    Nah supaya lebih mantab dan dijamin smakin semangat buat buka usaha ato bisnisnya boleh nih buku recomended nya Buka langsung laris , nih linknya : http://yuk.bi/t835c

    Buat buku2 recomended lainnya yang laris manis boleh juga di : http://yuk.bi/q904

    ReplyDelete
  8. Hallo gan
    Kebetulan gw punya kenalan kontruksiny nch
    Klu minat hubungin aja langsung
    082167325279
    21c1bae0
    Semoga membantu y gan

    ReplyDelete
  9. mas aku mo bikin lap futsal dgn ukuran 24-15,outdoor tanpa rumput elastis,hanya pakai peluran saja,brapa kira2 bugetdnya ? thks

    ReplyDelete
  10. mlm bang ada minat bangun lapangan futsal...cuma, baru punya lokasi... kebetulan di daerah saya blum ada. modal untuk lapangan dll blum cukup... ada solusi atw bisa join partner... bang.. tnkyu...

    ReplyDelete
  11. aku mau bkin lap. futsal nih tp tinggal modalnya nih yg msih blum nemuin jg... apa ada solusi nih.... jika ada share ke aku mas...

    ReplyDelete
  12. Assalamu alaikum. Bagi yang ingun membuat Lapangan Futsal dengan kwalitas baik n pilhan Harga murah bisa hubungi Kami.. Kami berpebgalaman membangun kontruksi dan lapangan futsal. Bengkel las kontruksi Logam Karya Mandiri. 085691048014.

    ReplyDelete
  13. bagi yg minat membuat lapangan futsal kami bisa bantu gan...www.h2sportfutsal.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. (PELUANG USAHA)

    TAHUKAH ANDA?
    ★ Kayu akan semakin habis dan semakin susah di dapat dimasa yang akan datang
    ★ Kayu Untuk bangunan akan semakin rendah mutunya dan gampang diserang rayap
    ★ Hutan Indonesia sudah menyusut dan menimbulkan pemanasan global
    ★ Peluang bisnis ini masih sangat bagus

    Kami dari CV. Hugo Baja Tehnik, merupakan Produsen Mesin Rollforming. Ingin memperkenalkan dan menawarkan produk-produk kami. Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuk Bapak/Ibu.
    Adapun mesin rollforming yang Kami produksi adalah sebagai berikut:
    1. Mesin Baja Ringan/Truss
    2. Mesin Hollow Lipat
    3. Mesin Metal Furing
    4. Mesin Spandek
    5. Mesin Genteng Metal
    6. Mesin bondek / floordeck
    Kami melayani pembuatan mesin rollforming berdasarkan pesanan sesuai dengan spesifikasi output yang ingin dihasilkan. Ketebalan yang dihasilkan bervariatif sesuai dengan kebutuhan. Komponen pada mesin yang kami gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Kami memberikan garansi pada setiap mesin yang kami produksi.

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    YUSUF
    TLP / SMS / WA : 082111211687
    PIN BB: 7483451B
    EMAIL : cv.hugobajatehnik@gmail.com
    www.mesinbajaringan.net

    ReplyDelete
  15. gan utk ngebangun lapangan futsal dengan 2 lapangan indor, tempat parkir, dll nya kira2 dibutuhkan tanah luas brp meter? thx

    ReplyDelete
  16. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
    Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KanikCu

KanikCu
Jual Aneka Barang Untuk Kado

Pasang Iklan Gratis

"Wirausaha adalah kemampuan berdiri sendiri. Suatu proses mengejar peluang kerja. Sikap mental dan sifat jiwa selalu aktif, dituntut mampu mengelola, menguasai, mengetahui, dan berpengalaman dalam memacu kreatifitas""

Kado Unik Lucu

Kado Unik Lucu
Jual Barang Unik Lucu dan Murah

- Copyright © Ide Wirausaha Kreatif - Powered by Blogger - Designed by J Djogan -