Posted by : Ide Wirausaha Kreatif Saturday 2 June 2012

Bisnis Cutting Sticker adalah bisnis kreatifitas, semakin bisa menampilkan kreatifitas kepada pelanggan dan terus membangun hubungan baik dan kerja keras untuk membesarkannya, peluang untuk maju masih terbuka lebar.


Memulai usaha cutting sticker membutuhkan beberapa kelengkapan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pengetahuan mengenai menjalankan computer dan menggunakan software desain grafis seperti: Corel Draw maupun Adobe Ilustrator, dan lain-lain. Komputer untuk desain dan menjalankan mesin cutting sticker, umumnya dengan RAM 2GB sudah cukup mengcover keduanya.
  2. 1 Unit mesin Cutting Sticker, yang direkomendasikan untuk bisnis merek Rolland atau Graftec, namun untuk memulai bisa dengan merek Suda, Kingcut, Copas, Jinka, atau lainnya.
  3. Memiliki source vendor membeli sticker seperti merek 3M, Oracal, Kiwalite, Retrama, Seicholite, dll.


Untuk kelengkapan yang wajib adalah 3 diatas, namun akan lebih baik jika faktor kelengkapan additional juga bisa di adakanatau saat usaha cutting sticker mulai menanjak hal ini bisa dimulai, adapun faktor additional yang diperlukan diantaranya adalah sebagai berikut:
  •  Memiliki aneka template cantik, biasanya rekan-rekan di internet banyak yang menawarkan .
  • Tempat bisnis strategis dan memudahkan akses pelanggan menuju bisnis yang kita geluti.
  • Jika pekerjaan sudah banyak, pekerjakan orang lain untuk mengolah sticker yang sudah di cutting untuk di jadikan produk yang siap didelivery.

Cara Membuat Cutting Sticker:
  1.  Membuat gambar yang akan diaplikasikan sebagai desain sticker yang akan dibuat, buka software Coreldraw. Dan gambar yang dihasilkan haruslah berupa garisan gambar vector yang bisa dipisah-pisahkan antara bagian satu warna dengan warna lainnya untuk proses pemotongan sticker dengan mesin per bagian warna masing-masing bagian.
  2. Setelah desain selesai digambar, maka pisahkan gambar berdasarkan golongan warna yang sama ddan disatukan dengan cara disusun atau sortir yang rapi agar dapat menghemat bahan dari pembuatan stricker tersebut. Jika sudah disatukan pewarna maka desain telah siap untuk di import kedalam program software yang mendukung mesin cutting sticker, biasanya dari coreldraw atau software lainnya diexport kedalam format EPS(Encapsulated PostScript).
  3. Setelah itu buka software yang support dengan mesin cutting sticker anda, yang pada umumnya digunakan antara lain: Casematte, Artcut, atau Rolland Software yang merupakan bawaan dari mesin rolland, setelah program terbuka silahkan panggil melalui import file nama dari yang anda export dengan format EPS tadinya. Jika gambar telah tampil maka gambar tersebut sudah siap dipotong.
  4. Hidupkan mesin cutting sticker anda dan masukkan bahan sesuai dengan warna yang akan anda potong. Bahan cutting sticker sendiri biasanya yang umum digunakan adalah merk Oracal untuk non reflectif dan 3M, Kiwalite, Seichoolite, Rexlite, Xlite, dan lain-lain untuk bahan dengan spesifikasi Reflectife sheeting.
  5. Jika bahan sudah anda masukkan kedalam mesin cutting dengan posisi yang tepat, silahkan tekan tombol cut di panel software atau biasanya diberikan gambar pisau sebagai iconnya, selanjutnya mesin secara otomatis akan memotong sticker sesuai dengan gambar yang telah anda desain dan anda import kedalam software cutting sticker. Proses pemotongan ini anda lakukan dan ulangi dengan sabar hingga tiap-tiap warna yang anda selesai dilakukan proses pemotongannya.
  6. Selanjutnya jika proses potong ini telah selesai, maka rakitlah potongan gambar dari sticker tersebut menjadi satu sesuai dengan desain yang anda buat sebelumnya, setelah selesai dirakit seperti puzzel, maka satukanlah sticker-sticker tersebut dengan sticker transparan tipis atau yang biasa disebut dengan masking tape.
Sampai disini proses pembuatan stricker tersebut telah selesai dikerjakan.



{ 8 komentar... read them below or Comment }

  1. nice info gan,ane jg pngen mw bk usaha ne!good good for u. . .dtggu info slnjtx

    ReplyDelete
  2. Relationship is generally of different diverse sorts, and picking
    the grownup courting internet web site accordingly is essential.

    You may locate entire world-wide-net web-sites which
    is likely to be intended for authentic courting, which may result in relationships.

    Then you may locate people today that might understandably offer you you
    you a likelihood to go on casual dates, practical expertise illicit affairs, a sole evening time stands, no strings passionate connection and considerably more!

    Ought to you want for producing confident which
    you locate the fantastic romance point out of affairs you then definately definitely actually ought to decide on the site-world-wide-web sites accordingly
    too. Unique website sites have numerous kinds of people
    in lookup of to socialize.

    Feel free to surf to my web blog: Webcam Babes Chat

    ReplyDelete
  3. ini dia usaha yg saya suka,,,, hobi banget edit2 ,,gambar2,,, pkok na tentang desain ...
    pengeeeeeeeeeeeeeeennnn.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip gan, kembangkan hobi anda sebagai sebuah usaha.

      Delete
  4. bisnisjerseynstiker.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. makasih gan....moga ane bisa pnya usaha cutting stiker...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KanikCu

KanikCu
Jual Aneka Barang Untuk Kado

Pasang Iklan Gratis

"Wirausaha adalah kemampuan berdiri sendiri. Suatu proses mengejar peluang kerja. Sikap mental dan sifat jiwa selalu aktif, dituntut mampu mengelola, menguasai, mengetahui, dan berpengalaman dalam memacu kreatifitas""

Kado Unik Lucu

Kado Unik Lucu
Jual Barang Unik Lucu dan Murah

- Copyright © Ide Wirausaha Kreatif - Powered by Blogger - Designed by J Djogan -