Posted by : Ide Wirausaha Kreatif Monday 11 June 2012

Cara Membangun Usaha Jamur Merang



Pada kali ini ide wirausaha kreatif akan melanjutkan pada postingan sebelumnya Budidaya jamur merang, untuk cara membagun usaha jamur merang. Ide wirausaha kreatif akan memberikan cara membangun usaha jamur merang dengan teknik media jerami.



Langsung saja langkah-langkahnya membangun usaha jamur merang :

1. Media tanam berupa kompos yang dibuat dari bahan baku :
  • Jerami padi
  • Bekatul
  • Kapur
  • Bungkil kedelai
  • Pupuk kandang
Selain itu diperlukan kompos pelapis dari bahan kapas afkir.


2. Jerami dibasahi sampai jenuh kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain. Tumpuk dalam jaluranselama beberapa hari. Biasanya setelah sekitar 2 minggu kompos telah siap.

3. Tahap selanjutnya lakukan pasteurisasi dengan uap panas / steam hingga mencapai temperatur 60 celcius. Turunkan kembali suhu pada 30 celcius jika sudah mencukupi. Taburkan bibit pada kompos pelapis. Jaga suhu agar tetap stabil dan ruangan tetap lembab.

4. Pada hari ke 14 biasanya jamur sudah mulai tumbuh. Lakukan pengabutan ruangan dan penyiramanuntuk menjaga kadar air. Panen bisa mulai dilakukan setelah jamur mencapai ukuran yang dikehendaki konsumen.

Cara pemasaran jamur merang :
Jamur merang dipasarkan dalam bentuk segar dipasar tradisional. Sangat populer dimasyarakat indonesia. Bahkan juga di negara-negara asia tenggara dan timur. Rasa dan aromanya sangat enak. Biasa digunakan sebagai pelengkap masakan bakmi, mie ayam, sayur sop dan bisa di baca di budidaya jamur merang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KanikCu

KanikCu
Jual Aneka Barang Untuk Kado

Pasang Iklan Gratis

"Wirausaha adalah kemampuan berdiri sendiri. Suatu proses mengejar peluang kerja. Sikap mental dan sifat jiwa selalu aktif, dituntut mampu mengelola, menguasai, mengetahui, dan berpengalaman dalam memacu kreatifitas""

Kado Unik Lucu

Kado Unik Lucu
Jual Barang Unik Lucu dan Murah

- Copyright © Ide Wirausaha Kreatif - Powered by Blogger - Designed by J Djogan -